Thursday 10 March 2016

BUMBU DAPUR DAN MANFAATNYA

Hay...sobaat. Mantaap..nih..setelah baca-baca di Google+. Aku nemuin artikel bagus tentang bumbu dapur dan manfaatnya yang belum banyak kita ketahui... jadi saya bagikan di sini..  Berikut artikelnya.. Baca & bagikan jika manfaat..!

Isi Dapur Yang Mampu Menjadi Obat Untuk Kita

1. Bawang Merah
memiliki kandungan minyak asiri, sikloaliin, metilaliin, dihidroaliin, kaemferol; kuersetin, dan floroglusin. Bawang merah juga mengandung sulfur organik, enzim allinase, flavonoid, asam fenol, sterol, saponin, pektin, ellagik, kaffeik, sinapik, asam p-koumarik, minyak volatil, dan senyawa allil propil disulphide (APDS)
Manfaat utamanya menurunkan lemak darah, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, menurunkan aktivitas gula darah, menyembuhkan asma, melawan sel tumor, dan menyembuhkan leukimia.

2. Bawang Putih
mampu mengatasi TBC, radang pada selaput otak (epidemic cerebrospinl meningitis), pendarahan pada hidung (mimisan), radang lambung akut, frigiditas pada wanita, ascites, penambah stamina, rnengobati sakit gigi, mempertahankan kebugaran, mempertahankan gairah seksual, dan penawar racun.

3. Cabai Merah
mengandung zat flavonoida, saponin, polifenol, kapsaisin, kapsantin, kaposubrin, zeasantin, kriptosantin, lutein, sitrin, serta vitamin A dan C. Zat-zat ini mampu menyembuhkan rematik, sariawan, menambah nafsu makan, ekspektoran, dan memperbaiki pencernaan tubuh manusia.

4. Cabai Rawit
mengandung flavonoida, tanin, kapsaisin, kapsantin, karotenoid, alkaloid, minyak asiri, resin, sertavitamin A dan C. Sementara itu, bijinya mengandung solanin, solamidin, solamargin, solasodin, dan solasomin. Dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit perut, bau badan, gondongan, gatal di tangan dan kaki karena alergi cuaca (chilblains), pendarahan pada uterus (Mienorrhagia), rematik, dan meng­hilangkan lemas atau lumpuh pada kaki dan tangan.

5. Tomat
Tomat dengan kondisi setengah matang kaya akan protein, kalsium, fosfor, besi, belerang, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. Setiap 100 gram buah tomat mengandung sekitar 20-23 kalori. Tomat berkhasiat mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit, seperti influenza, radang prostat (prostatitis), kanker prostat, gusi berdarah (gingivitis), diabetes melitus, kulit bengkak akibat keracunan, bisul di mulut, bisul di perut, pembersih hati, usus buntu, mempertahankan kebugaran tubuh, jerawat, dan wasir.

6. Kunyit
Mengandung senyawa kurkumin, yaitu zat yang membuat warna kuning pada kunyit. Kurkumin adalah senyawa antioksidan dan antiiflamasi yang kuat, serta efektif sebagai zat antikanker.

No comments: